RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN 86 SINGKAWANG
Kelas / Semester : VI (Enam) /
1
Mupel : Matematika
Pembelajaran : 19
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Hari / Tgl Pelaksanaan : 8 November 2022
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR
NO |
KOMPETENSI
DASAR (KD) |
INDIKATOR |
1 |
3.3 Menjelaskan unsur-unsur lingkaran (titik pusat, jari-jari,
diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring) dan taksiran keliling dan
luas lingkaran. |
3.3.1 Menghitung taksiran
keliling lingkaran 3.3.2 Menghitung taksiran keliling
lingkaran dalam kehidupan sehari-hari |
2 |
4.3 Menaksir keliling dan luas lingkaran serta menggunakannya untuk
menyelesaikan masalah. |
4.3.1 Menentukan keliling lingkaran dengan benda konkrit 4.3.2
Menentukan keliling lingkaran menggunakan rumus keliling lingkaran |
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah
mendengarkan penjelasan tentang keliling lingkaran, siswa dapat menghitung
keliling lingkaran dengan benar
2. Setelah
mendengarkan penjelasan tentang keliling lingkaran, siswa dapat menghitung
keliling lingkaran dalam penerapan kehidupan sehari-hari dengan benar
3. Melalui
demonstrasi siswa dapat menentukan keliling lingkaran menggunakan benda konkrit
dengan benar
4. Melalui penugasan siswa dapat menghitung keliling lingkaran
menggunakan rumus keliling lingkaran dengan benar
D. MATERI PEMBELAJARAN
Keliling
Lingkaran
Keliling lingkaran adalah panjang
busur/garis lengkung pembentuk lingkaran. Keliling suatu lingkaran dapat diukur
dengan memotong lingkaran disuatu titik kemudian meluruskan lengkung lingkaran
itu, lalu diukur panjang panjang garis lingkaran dengan menggunakan penggaris.
Untuk mempermudah menghitung keliling lingkaran diperlukan rumus berikut ini:
Keliling
(K) = Keterangan
: K =
Keliling
d = diameter r = jari-jari |
E. METODE, media dan pendekatan PEMBELAJARAN
1.
Metode : Ceramah, demonstrasi, tanya jawab dan penugasan
2. Media : Infokus, Chart (guntingan kardus berbentuk
lingkaran)
3. Pendekatan :
Saintifik
F. LANGKAH - LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
1. Memberikan salam dan menyapa semua siswa 2. Memberikan kesempatan pada siswa untuk
berdoa bersama 3. Menghafal surat pendek dan perkalian
sebagai bentuk pembiasaan literasi 4. Mengecek kesiapan diri siswa
dan menanyakan kehadiran siswa 5. Melakukan yel-yel untuk membangkitkan semangat siswa 6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pengalaman siswa
dengan materi yang akan diajarkan 7. Menginformasikan materi dan tujuan pembelajaran serta proses penilaian yang akan
dilakukan 8. Menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran secara singkat |
10 menit |
Inti |
1.
Guru menjelaskan secara singkat tentang keliling lingkaran 2.
Guru meminta siswa mengamati media pembelajaran yang telah disediakan 3.
Guru meminta salah satu siswa maju kedepan untuk mengukur kelililng
sebuag lingkaran menggunakan tali dan penggaris 4.
Guru menjelaskan cara menghitung keliling lingkaran dengan menggunakan
rumus 5.
Guru memberikan contoh sederhana tentang cara menghitung keliling
lingkaran 6.
Guru meminta siswa untuk maju kedepan untuk mencoba menghitung keliling
lingkaran menggunakan rumus yang telah dsampaikan 7.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa yang lain untuk menanggapi
pekerjaan yang telah dilakukan 8.
Guru kembali menjelaskan tentang cara menghitung keliling lingkaran dalam
penerapan kehidupan sehari-hari 9.
Guru berdiskusi bersama siswa tentang materi yang telah disampaikan 10.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan soal latihan 11.
Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk maju kedepan membahas soal
yang telah dikerjakan 12.
Memberikan keapada siswa lain untuk menanggapi pekerjaan temannya 13.
Guru meluruskan dan memberikan penguatan kepada siswa yang telah
mengerjakan soal 14.
Guru mengakhiri pembelajaran yang telah dilakukan |
55 menit |
Penutup |
1.
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar yang telah dilakukan 2.
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. 3.
Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya 4.
Sebagai tindak lanjut guru memberikan remedial bagi siswa yang belum
tuntas dan pengayaan bagi siswa yang sudah tuntas pada materi yang telah
disampaikan 5.
Guru menutup pembelajaran |
5 menit |
G. SUMBER BELAJAR
·
Buku Ayo Belajar Menalar Matematika Kelas VI (Buku Kurikulum
2013 Edisi Revisi, Bandung: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
·
Buku Pendampingan Pembelajaran (LKS): Ayo Belajar Matematika,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
H. PENILAIAN
a.
Penilaian
sikap : observasi menggunakan
jurnal harian
b.
Penilaian
pengetahuan
Muatan |
Indikator |
Teknik
Penilaian |
Bentuk
Instrumen |
Matematika |
3.3.1 Menghitung taksiran
keliling lingkaran |
Latihan soal |
Soal latihan (terlampir) |
3.3.2 Menghitung taksiran keliling lingkaran
dalam kehidupan sehari-hari |
Latihan soal |
Soal latihan (terlampir) |
c.
Penilaian
Pengetahuan : menggunakan rubrik
penilaiann
NO |
Aspek yang diamati |
Sangat Baik (3) |
Cukup (2) |
Kurang (1) |
1 |
Cara mengukur |
Dapat mengukur dengan tepat |
Dapat mengukur tetapi kurang tepat |
Tidak dapat menukur dengan tepat |
2 |
Cara
menghitung hasil pengukuran |
Dapat menghitung hasil dengan tepat |
Dapat menghitumg hasi tetapi kurangtepat |
Tidak dapat menghitung hasil |
Mengetahui Kepala SDN 86 Singkawang URAY YUNIARTI,S.Pd.SD NIP 19730602 199510 2 001 |
Singkawang,
8 November 2022 Guru
Kelas VI K
A S I M, S. Pd NIP 198301012022211008 |
|
|
|
Lampiran:
Kerjakan
soal berikut ini dengan benar!
- Perhatikan gambar berikut ini!
![]() |
Dari gambar diatas, hitunglah keliling lingkaran
tersebut! (nilai = 22/7)
- Perhatikan gambar berikut ini!
Jika diketahui jari-jari lingkaran 7 cm maka hitunglah
keliling lingkaran tersebut! (nilai = 22/7)
- Sebuah roda diketahui memiliki diameter 28 cm
menggelinding dilintasan lurus. Jika roda tersebut menggelinding sebnyak
60 kali, maka hitunglah:
a.
Jumlah satu putaran roda;
b.
Panjang lintasan roda tersebut dalam hitungan meter (m)
jika menggelinding sebanyak 60 kali putaran
- Sebidang tanah berbentuk lingkaran akan dipagari
menggunakan tali kawat secara keseluruhan. Jika diketahui jari-jari tanah
tersebut 14 m, maka hitunglah:
a.
Panjang kawat yang akan digunakan;
b.
Biaya yang dikeluarkan jika harga kawat Rp.15.000,00/m
Kunci jawab
- Diketahui :
o Diameter
lingkaran ( d ) = 21 cm
o (nilai = 22/7)
Ditanya =
Keliling ( K ) ½ lingkaran?
Jawab :
Keliling = 1/2 x d
= ½ x 22/7 x 21
= ½ x 66
= 66/2
= 33 cm
- Diketahui :
o Jari-jari (r) =
7 cm, d = 14cm
o (nilai = 22/7)
Ditanya =
Keliling ( K ) ¾ lingkaran?
Jawab :
Keliling = ¾ x x d
= ¾ x 22/7 x 14
= ¾ x 44
= 132/4
= 33 cm
- Diketahui :
o Diameter
(d) = 28cm
o Menggelinding
= 60 kali putaran
Ditanya :
a.
Keliling satu lingkaran?
b.
Panjang lintasan? (dalam meter)
Jawab :
a.
Keliling satu
lingkaran = x d
= 22/7
x 28
= 22 x
4
= 88cm
b.
Panjang lintasan =
60 putaran x 88 cm
= 5280cm
= 5280 cm = …
m
= 5280/100
= 52,8 m
- Diketahui
o Jari-jari
( r ) = 14 m maka d
= 28 m
Ditanya :
a.
Panjang kawat yang digunakan ?
b.
Biaya yang digunakan jika harga Rp.15.000,00/m
Jawab :
a.
Keliling lingkaran = x d
= 22/7
x 28
= 22 x
4
= 88 m
b.
Biaya yang digunakan =
15.000,00 x 88
= 1.320.000,00
Media Pembelajaran
Jenis
lingkaran |
Rumus |
|||
|
Keliling = |
|||
|
Keliling = ¾
x |
|||
![]() |
Keliling = ½
x |
|||
|
Keliling = ¼ x |
0 comments:
Post a Comment